GAMBARAN PELAYANAN PERANGKAT DAERAH

BAB II

GAMBARAN PELAYANAN PERANGKAT DAERAH

 

Kecamatan Pule berdomisili di jalan Raya Pule Km 01 di Desa Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Secara Geografis  Kecamatan Pule terletak diantara 111’24 dan 112’11 Bujur Timur 7’33 dan 8’34 Lintang Selatan dengan ketinggian 400 meter diatas permukaan air laut dengan Luas Wilayah 115,17 KM2

Adapun  batas – batas  wilayah  Kecamatan  Pule,  yaitu  :

1.      Sebelah Utara                   :        Kec. Sawoo, Sambit, Ponorogo

2.      Sebelah Timur                 :      Kec. Dongko, Suruh, Trenggalek

3.      Sebelah Selatan               :      Kec. Panggul, Trenggalek 

4.      Sebelah Barat                   :        Kec. Ngrayun, Ponorogo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.1 Peta Administrasi Kecamatan Pule

 

Wilayah   Kecamatan  Pule   terdiri  dari 10  ( Sepuluh ) desa,  yaitu  :

1)                   Desa Sidomulyo

2)                   Desa Puyung

3)                   Desa Joho

4)                   Desa Pakel

5)                   Desa Kembangan

6)                   Desa Pule

7)                   Desa Jombok

8)                   Desa Tanggaran

9)                   Desa Karanganyar

10)                Desa Sukokidul

Ekonomi makro Kecamatan Pule tergambar dalam luas area layanan Kecamatan  Pule di lingkungan Pemerintah Kabupaten Trenggalek sebesar 11.812 Ha, yang tercakup dalam 10 desa.

Dengan jumlah penduduk kurang lebih 56.377 jiwa dengan komposisi 28.201 penduduk laki laki dan 28.176 penduduk perempuan. Di Kecamatan Pule pertanian merupakan salah satu mata pencaharian utama dengan luas tanah sawah seluas 730Ha, tanah kering 11.159Ha. Selain pertanian kegiatan ekonomi di kecamatan Pule antara lain di bidang peternakan, ada usaha penggalian/pertambangan, ada industri pengolahan, transportasi dan perdagangan.

Sedangkan fasilitas umum untuk pelayanan kepada masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Pule terdiri dari Puskesmas 1 (satu) buah, Puskesmas Pembantu sebanyak 3 (tiga) buah, Puskesmas Keliling sebanyak 2 (dua) buah.

Dengan tersusunnya Renstra Kecamatan Pule, diharapkan dapat menjadi arah dan pedoman penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Dokumen ini menterjemahkan perencanaan pembangunan setiap tahun dengan program dan kegiatan yang fokus dan terukur serta menunjang pencapaian target sasaran pembangunan Kabupaten Trenggalek.

 

2.1.       TUGAS, FUNGSI, DAN STRUKTUR ORGANISASI PERANGKAT DAERAH

 

Kecamatan Pule mempunyai tugas membantu Kepala Daerah Kabupaten Trenggalek dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan dalam wilayah kecamatan.

Untuk melaksanakan tugasnya, sesuai dengan Keputusan Bupati Nomor : 131 Tahun 2011. Kecamatan mempunyai fungsi sebagai berikut :

a.         perumusan dan penjabaran kebijakan operasional pelaksanaan tugas umum pemerintahan di kecamatan;

b.         pengoordinasian operasional program-program pemerintah di wilayah kerjanya;

c.         penyelenggaraan ketatausahaan di kecamatan;

d.         penyelenggaraan urusan pemerintahan kecamatan dan pembinaan pemerintahan desa dan/atau kelurahan;

e.         penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum   di kecamatan;

f.          penyelenggaraantata kelola kependudukan;

g.         pembinaan penyelenggaraan perekonomian dan pembangunan;

h.         pembinaan penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat, kesejahteraan rakyat dan penanggulangan masalah sosial;

i.           pengendalian dan pengawasan kegiatan pemerintahan serta penyelenggaraan tugas tampung tantra di wilayah kerjanya;

j.           pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Untuk melaksanakan fungsinya Kecamatan mempunyai kewenangan :

a.         pengoordinasian terhadap jalannya pemerintahan kecamatan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan;

b.         pelaksanaan tugas di bidang pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan yang menjadi tanggungjawabnya;

c.         pelaksanaan usaha dalam rangka peningkatan partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat;

d.         pelaksanaan kegiatan dalam rangka pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Adapun Bagan Struktur Organisasi Kecamatan Puleberdasarkan  Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2008 tentang Organisasi Tata Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek dan Peraturan Bupati Trenggalek Nomor  131 Tahun 2011 tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek, dapat digambarkan sebagaimana gambar berikut ini :

 

CAMAT

 

SEKCAM

KEL. JABATAN FUNGSIONAL

KASI

KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM

KASI

EKONOMI DAN PEMBANGUNAN

KASI

KESEJAHTERAAN RAKYAT

KASI

TATA PEMERINTAHAN

KASUBAG PERENCANAAN PELAPORAN DAN KEUANGAN

KASUBAG UMUM DAN KEPEGAWAIAN

Gambar 2.1Bagan Struktur Organisasi Kecamatan Pule

 

 

Susunan organisasi dan bagan struktur organisasi dari Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek dapat dijabarkan berdasarkan tugas pokok dan fungsi masing-masing adalah sebagai berikut :

Adapun susunan Organisasi Kecamatan Terdiri dari :

a.         Camat ;

b.         Sekretariat, membawahi ;

1)                      Sub Bagian Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan ;

2)                      Sub Bagian Umum dan Kepegawaian ;

c.         Seksi Tata Pemerintahan ;

d.         Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum ;

e.         Seksi Perekonomian dan Pembangunan ;

f.          Seksi Kesejahteraan Rakyat ;

Selanjutnya tugas pokok dan fungsi masing-masing unit kerja yang ada di Kecamatan Pule adalah sebagai  berikut :

1.CAMAT 

    Camat mempunyai tugas menyelenggarakan, memimpin, mengkoordinasikan, membina dan mengendalikan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi Kecamatan

2.Sekretariat Kecamatan

    Sekretariat Kecamatan yang dipimpin oleh Sekretaris Kecamatan mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

a.     Pengkoordinasian perumusan kebijanan teknis berdasarkan Peraturan Perundang-undangan dan kebijakan Camat;

b.    Perumusan kebijakan teknis dan penyusunan program/kegiatan Sekretariat;

c.     Pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan Kecamatan;

d.    Penyelenggaraan, pembinaan dan pengendalian pelayanan administrasi umum, kepegawaian, dan penatausahaan keuangan;

e.     Pengoordinasian penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan kinerja Kecamatan;

f.      Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

2.1.        Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian yang dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

a.         Menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional dibidang administrasi umum dan kepegawaian;

b.         Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan administrasi umum dan kepegawaian;

c.         Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan program dan/atau kegiatan administrasi umum dan kepegawaian;

d.         Melakukan kegiatan pelayanan administrasi umum dan kepegawaian;

e.         Menyiapkan bahan pertimbangan DP3 bagi Petugas Lapangan SKPD lain yang berada di Kecamatan;

f.          Melakukan penatausahaan surat menyurat, perlengkapan dan urusan kerumahtanggaan Kecamatan;

g.         Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas, pendataan hasil kerja serta menyusun pelaporan kinerja administrasi umum dan kepegawaian;

h.         Melaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

 

2.2.     Sub Bagian Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan

Sub Bagian Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan yang dipimpin oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

a.         Menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional di bidang administrasi keuangan;

b.         Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan perencanaan dan pelaporan serta administrasi keuangan;

c.         Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan rencana program atau/dan kegiatan perencanaan, pelaporan serta administrasi keuangan;

d.         Melakukan kegiatan pelayanan administrasi perencanaan dan pelaporan serta keuangan;

e.         Melakukan penyusunan dokumen perencanaan dan pelaporan kinerja Kecamatan;

f.          Melakukan penatausahaan keuangan Kecamatan.

g.         Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta penataan hasil kerja perencanaan, pelaporan dan administrasi keuangan;

h.         Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

 

3.   Seksi Pemerintahan

Seksi Pemerintahan yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai tugas pokok dan fungsi   sebagai berikut :

a.         Menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional tata pemerintahan;

b.         Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan tata pemerintahan;

c.         Menyiapkan data sebagai bahan penyusuna program dan/atau kegiatan tata pemerintahan;

d.         Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria tata pemerintahan;

e.         Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan administrasi pertanahan/keagrariaan;

f.          Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan monografi wilayah Kecamatan;

g.         Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi pengangkatan, pemberhentian dan pelantikan Kepala Desa, Perangkat Desa, Pimpinan dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD);

h.         Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi penyusunan Rancangan Peraturan Desa, Keputusan Desa, Peraturan Kepala Desa dan/atau Kepala Kelurahan serta Keputusan Kepala Desa dan/atau Kepala Kelurahan;

i.           Melakukan inventarisasi tanah kas desa dan tunjangan penghasilan aparat Pemerintah Desa;

j.           Menyiapkan bahan pembinaan dan idiologi Negara;

k.         Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi penyelenggaraan kerja sama antar desa/kelurahan dan penyelesaian perselisihan sengketa yang terjadi di desa/kelurahan;

l.           Menyiapkan data sebagai bahan fasilitasi optimalisasi pemanfaatan tanah kas desa dan kekayaan desa lainnya maupun penggalian sumber-sumber pendapatan desa;

m.      Menyiapkan bahan koordinasi dalam rangka fasilitasi pengumpulan data kependudukan;

n.         Melakukan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi pemerintahan desa dan/atau kelurahan;

o.         Membantu penyelenggaraan pemilihan umum (pemilihan Bupati, pemilihan Gubernur, pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif);

p.         Membantu dan memfasilitasi serta mengkoordinasikan pelaksanaan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan;

q.         Melakukan pendataan hasil kerja kegiatan pemerintahan desa/kelurahan;

r.          Monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;

s.          Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

4.                 Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum yang dipimpin oleh Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

a.              Menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional ketentraman dan ketertiban umum;

b.              Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum;

c.              Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan rencana program dan/atau kegiatan di bidang ketentraman dan ketertiban umum;

d.              Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria ketentraman dan ketertiban umum;

e.              Menyiapkan data bahan pembinaan dan pengendalian Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta komponen Perlindungan Masyarakat (LINMAS);

f.               Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan laporan situasi dan kondisi ketentraman dan ketertiban umum.

g.              Menyiapkan data sebagai bahan dan mengkoordinir pelaksanaan kegiatan upacara-upacara peringatan hari besar nasional/upacara kenegaraan;

h.              Melakukan serta mengkoordinir pengamanan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah, Peraturan Bupati, Keputusan Bupati dan peraturan perundang-undangan lainnya;

i.                Membantu pengawasan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilihan Bupati, Gubernur, Presiden dan pemilihan Legislatif);

j.                Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi penanganan perlindungan masyarakat akibat pelanggaran HAM dan masalah sosial ;

k.              Menyiapkan data sebagai bahan pemrosesan rekomendasi ijin gangguan (HO) dan perijinan lainnya;

l.                Melakukan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi ketentraman dan ketertiban umum;.

m.           Melakukan pendataan hasil kegiatan ketentraman dan ketertiban umum;

n.              Monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;

o.              Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

5.  Seksi Perekonomian dan Pembangunan

Seksi Perekonomian dan Pembangunan yang dipimpin oleh Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :

a.              Menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional di bidang perekonomian dan pembangunan;

b.              Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan perekonomian dan pembangunan;

c.              Menyiapkan data sebagai bahan penyusuna program dan/atau kegiatan perekonomian dan pembangunan;

d.              Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dam kriteria perekonomian dan pembangunan;

e.              Melakukan inventarisasi dan menyiapkan bahan pembinaan terhadap lembaga-lembaga perekonomian masyarakat desa/kelurahan, usaha industri kecil dan menengah;

f.               Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi perencanaan pembangunan bidang perekonomian dan pembangunan sarana prasarana desa/kelurahan;

g.              Menyiapkan data sebagai bahan fasilitasi penyusunan rencana pembangunan desa, kelurahan dan/atau kecamatan;

h.              Menyiapkan data sebagai bahan fasilitasi kegiatan operasional ekonomi pembangunan di wilayah Kecamatan;

i.                Menyiapkan data sebagai bahan fasilitasi dan pengawasan penyaluran bantuan pembangunan;

j.                Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan tata ruang wilayah kecamatan dan penyusunan profil Desa/Kelurahan;

k.               Melakukan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi perekonomian dan pembangunan;

l.                Melakukan pendataan hasil kerja perekonomian danpembangunan;

m.           Monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;

n.              Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

 

6.  Seksi Kesejahteraan Rakyat

Seksi Kesejahteraan Rakyat yang dipimpin oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:

a.              Menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional di bidang kesejahteraan rakyat;

b.              Mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan kesejahteraan rakyat;

c.              Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan program dan/atau kegiatan kesejahteraan rakyat;

d.              Menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria kesejahteraan rakyat;

e.              Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan;

f.               Menyiapkan data sebagai bahan dan mengkoordinir pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan obat, narkotika, psikotropika, zat adiktif dan bahan berbahaya lainnya;

g.              Menyiapkan data sebagai bahan pembinaan penyelenggaraan pendidikan dan keagamaan/kerukunan hidup baik antar umat beragama maupun antar umat beragama dengan Pemerintah;

h.              Menyiapkan data sebagai bahan dan mengkoordinir pelaksanaan pencegahan serta penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi;

i.                Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan pengiriman, penyaluran dan pendistribusian bantuan-bantuan sosial;

j.                Menyiapkan bahan koordinasi dalam rangka pembinaan dan pendataan ketenagakerjaan dan transmigrasi;

k.              Menyiapkan bahan koordinasi dalam rangka pembinaan peningkatan kesehatan masyarakat, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan Keluarga Berencana (KB);

l.                Melakukan kegiatan pelayanan teknis dan administrasi kesejahteraan sosial;

m.           Melakukan pendataan hasil kerja kesejahteraan rakyat;

n.              Monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laaporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;

o.              Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya

 

2.2.       SUMBER DAYA PERANGKAT DAERAH

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi yang diembannya, Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek memiliki sumberdaya organisasi yang terdiri dari sumberdaya aparatur dan sarana prasarana pendukung kelancaran kegiatan kantor.

 

2.2.1. SUMBERDAYA APARATUR

Kondisi Pegawai di lingkungan Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek sampai dengan bulan Mei 2016 berjumlah 17 (tujuh belas) orang dan terdapat 2 (dua) orang tenaga kontrak , dengan perincian sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

Tabel 2.1    Jumlah Pegawai Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek Berdasarkan Golongan (kondisi Mei 2016)

 

No.

Golongan

Jumlah Pegawai

1.

Golongan IV

2

orang

2.

Golongan III

9

orang

3.

Golongan II

4

orang

4.

Tenaga Kontrak

2

orang

Jumlah

17

orang

 

 

Sedangkan kondisi Pegawai berdasarkan tingkat pendidikannya dengan jumlah pendidikan S2 sebanyak 2 orang, S1 sebanyak 7 orang, Diploma 2 sebanyak 1 orang,  SLTA sebanyak 4 orangdan jenjang SMP sebanyak 1 orang, untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel 3.3 sebagai berikut :

 

Tabel 2.2  Jumlah   Pegawai   Kecamatan Pule  Kabupaten Trenggalek Berdasarkan Jenjang Pendidikan (kondisi Mei 2016)

 

No

Jenjang Pendidikan

PNS

Kontrak

Total

Jumlah Personil

Jumlah Personil

Jumlah Personil

1.

Pascasarjana / S2

2

orang

-

orang

2

orang

2.

Sarjana/ S1

7

orang

-

orang

7

orang

3.

Diploma II/ D.II

1

orang

-

orang

1

orang

4.

SLTA

4

orang

2

orang

6

orang

5.

SLTP

1

orang

-

orang

1

orang

Jumlah

15

orang

2

orang

17

orang

 

 

Dari uraian tersebut terlihat jelas bahwa PNS di lingkungan Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek didominasi oleh Golongan III dengan tingkat pendidikannya Strata–1. Hal ini dimungkinkan mengingat struktur organisasi dan fungsi yang membutuhkan PNS dengan kualifikasi jenjang kepangkatan dan tingkat pendidikan tersebut. Dengan demikian dipandang perlu, staf yang mengikuti pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka diasumsikan makin meningkat kualitas sumber daya manusia di Kecamatan Pule, ke depan dapat memperlancar pelaksanaan tugas-tugas Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek.

Adapun dari segi kualitas sampai dengan saat ini masih perlu diupayakan peningkatan guna mendukung penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Trenggalek.

 

2.2.2. SARANA PRASARANA

Sedangkan sumberdaya sarana prasarana yang dimiliki Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek sebagai penunjang kelancaran kegiatan kantor, dapat dirinci sebagai berikut :

 

Tabel 2.3    Daftar Barang Inventaris Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek Tahun 2015 (kondisi Desember 2015)

 

No.

Spesifikasi Barang

Tipe

Satuan

Kondisi (B,RR,RB)

Jumlah

Ket

A

Tanah

 

 

 

 

 

1

Tanah Kantor (4.220 m2)

 

 

 

         -  

Tercatat di Setda

 

 

 

 

 

 

 

B

Peralatan dan Mesin

 

 

 

 

 

1

Sepeda motor

Honda/Win

Unit

KB

1

 

2

Sepeda Motor

Honda /Win

Unit

KB

1

 

3

Sepeda Motor

Honda /Win

Unit

KB

1

 

4

Sepeda Motor

Honda /Win

Unit

KB

1

 

5

Sepeda Motor

Honda /Win

Unit

KB

1

 

6

Sepeda Motor

Honda /Win

Unit

KB

1

 

7

Sepeda Motor

Honda /Win

Unit

KB

1

 

8

Sepeda Motor

Honda /Win

Unit

KB

1

 

9

Sepeda Motor

Honda /Win

Unit

KB

1

 

10

Sepeda Motor

Honda /Win

Unit

KB

1

 

11

Sepeda Motor

Honda /Win

Unit

KB

1

 

12

Sepeda motor

Kawasaki/Blitz

Unit

1

 

13

Sepeda motor

Honda/Suprafit

Unit

1

 

14

Sepeda motor

Honda/Megapro

Unit

1

 

15

Mobil

Isuzu Panther

Unit

1

 

16

Truck

Mitsubishi

Unit

1

 

17

Sepeda Motor

Suzuki/Thunder

Unit

1

 

18

Sepeda Motor

Suzuki/Thunder

Unit

1

 

19

Sepeda Motor

Suzuki/Thunder

Unit

1

 

20

Sepeda Motor

Suzuki/Thunder

Unit

1

 

21

Sepeda Motor

Suzuki/Thunder

Unit

1

 

22

Sepeda Motor

Suzuki/Thunder

Unit

1

 

23

Sepeda Motor

Suzuki/Thunder

Unit

1

 

24

Sepeda Motor

Suzuki/Thunder

Unit

1

 

25

Sepeda Motor

Suzuki/Thunder

Unit

1

 

26

Sepeda Motor

Suzuki/Thunder

Unit

1

 

27

Sepeda Motor

Honda/ Revo

Unit

1

 

28

Sepeda Motor

Honda NF 125 TD

Unit

RR

1

 

29

Sepeda Motor

Honda NF 125 TD

 

RR

1

 

30

Sepeda Motor

Honda NF 125 TD

 

RR

1

 

31

Megaphone

-

 

 B

1

 

32

Kursi besi

-

 

 B

1

 

33

Kursi plastik besar

-

 

KB

1

 

34

Kursi plastik

-

 

KB

1

 

35

Pc komputer

-

 

 

1

 

36

Printer

-

 

 B

1

 

37

Laptop

-

 

 B

1

 

38

Korden

-

 

 B

1

 

39

Kompor Gas

-

 

 B

1

 

40

Piring

-

Unit

 B

1

 

41

Gelas

-

 

 B

1

 

42

Cangkir

-

 

 B

1

 

43

Sendok

-

 

 B

1

 

44

Panci

-

 

 B

1

 

45

Baskom Sayur/ Wajan

-

Unit

 B

1

 

46

Pisau

-

 

 B

1

 

47

Dandang

-

 

 B

1

 

48

Tabung Gas

-

 

 B

1

 

49

TV

-

 

 B

1

 

50

Parabola

-

 

 B

1

 

51

Lemari Kaca

-

 

 B

1

 

52

Meja Rapat

-

 

 B

1

 

53

Kursi Rapat Besar

-

 

 B

1

 

54

Karpet

-

 

 B

1

 

55

Korden

-

 

 B

1

 

56

Kursi Rapat kecil/Plastik

-

 

 B

1

 

57

Potong Rumput

-

 

 B

1

 

58

Tangga Aluminium

-

 

 B

1

 

59

Monitor

-

 

 B

1

 

60

Monitor

-

 

 B

1

 

61

Meja Kerja Eselon III

-

 

 B

1

 

62

Kursi Kerja Eselon III

-

 

 B

1

 

63

LCD / Infokus Proyektor

-

 

 B

1

 

64

Kursi

-

 

 B

1

 

65

Kursi Kerja(operator)

-

 

 B

1

 

66

Tempat Tidur

-

 

 B

1

 

67

Kursi Rapat

-

 

 B

1

 

68

Meja Komputer

-

 

 B

1

 

69

Karpet

 

Unit

 B

1

 

70

Korden/Selambu

 

Unit

 B

1

 

71

AC

 

Unit

 B

1

 

72

AC

-

 

 B

1

 

73

Kipas Angin

-

 

 B

1

 

74

Televisi LED

-

 

 B

1

 

75

Microphone

-

 

 B

1

 

76

Podium

-

 

 B

1

 

77

Laptop

-

 

 B

1

 

78

Printer

-

 

 B

1

 

79

Meja Kerja Eselon III

-

 

 B

1

 

80

Meja Kerja Eselon IV

-

 

 B

1

 

81

Kursi Kerja Eselon III

-

 

 B

1

 

82

Kursi Kerja Eselon IV

-

 

 B

1

 

83

Kursi Kerja Staff

-

 

 B

1

 

84

Kursi Kerja( operator )

-

 

 B

1

 

85

Meja Kursi Tamu

-

 

 B

1

 

86

Almari

-

 

 B

1

 

87

Parabola/ Receiver

-

 

 B

1

 

88

Reeceiver

-

Unit

 B

1

 

89

Generator Set

-

Unit

 B

1

 

90

Bendera

-

Unit

 B

1

 

91

Meja Kerja

-

Unit

 B

1

 

92

Meja rapat

-

 

 B

1

 

93

Penyekat Ruangan

-

 

 B

1

 

94

Kursi Tunggu

-

 

 B

1

 

95

Tandon Air/NU

-

 

 B

1

 

96

 White Board                                                                       

-

 

 B

1

 

97

 Tenda / Tenda untuk Panggung Kehormatan                                                             

-

 

 B

1

 

98

 Televisi LED                                                                             

-

 

 B

1

 

99

 Note Book                                                                              

-

 

 B

1

 

100

Kursi kerja

-

 

KB

1

 

101

Meja kerja

 

Unit

KB

1

 

102

Piring

 

Buah

KB

1

 

103

Gelas

 

Buah

KB

1

 

104

Sendok makan

-

 

KB

1

 

105

Gelas kembang

-

 

KB

1

 

106

Stel Meja Tamu

-

 

KB

1

 

107

Meja kerja

-

 

KB

1

 

108

Kursi kerja

-

 

KB

1

 

109

Lemari arsip

-

 

KB

1

 

110

Peta Kab. Trenggalek

-

 

KB

1

 

111

Peta kecamatan

-

 

KB

1

 

112

Kursi kerja

-

 

KB

1

 

 

 

Berdasarkan data sarana prasarana diatas belum cukup untuk menunjang kelancaran tugas sehari-hari, namun dengan kemajuan teknologi informasi yang cukup pesat dewasa ini menuntut untuk perbaikan maupun pengembangan sarana prasarana tersebut utamanya dalam mengakses informasi data .

 

2.3.       KINERJA PELAYANAN PERANGKAT DAERAH

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), telah mengubah pola perencanaan yang ada, dimana Satuan Kerja Perangkat Daerah menyusun perencanaan berdasarkan pagu indikatif dan produk perencanaan yang disusun merupakan hasil dari proses perencanaan yang telah memadukan proses politik, proses teknokratik, proses partisipatif dan proses bottom-up dan top down, yang disebut dengan istilah dari shopping list ke working plant.

Keterpaduan proses perencanaan ini diharapkan akan lebih banyak dapat menampung aspirasi masyarakat yang selama ini seolah-olah hanya sebagai pelengkap dalam proses perencanaan. Kecilnya realisasi dari usulan yang disampaikan masyarakat melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang dapat tertampung dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah selama ini, memberikan indikasi terhadap kebenaran pernyataan diatas.

Untuk dapat mendukung kondisi yang diinginkan, kemampuan petugas pelayanan  perlu ditingkatkan, sehingga dapat mendorong berkembang sesuai dengankebutuhan  untuk membawa kearah yang lebih baik lagi, bukan kegiatan kegiatan yang diinginkan seperti kebanyakan usulan selama ini.

Kondisi tersebut diatas sangat erat kaitannya dengan keberadaan Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek yang membantu Bupati Trenggalek dalam Pelayanan pada Masyarakat, sehingga semakin profesional dalam bidang tugasnya. Untuk itu kualitas aparatur dan sikap aparatur sangat menentukan dalam mewujudkan good governance.

Pada umumnya kualitas penyelenggaraan pelayanan di kecamatan Pule di Kabupaten Trenggalek  mengalami peningkatan. Peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan Berdasarkan sasaran/target Renstra sebelumnya dapat diberikan gambaran tingkat capaian kinerja pelayanan Kecamatan Pule  Kinerja Pelayanan di Kecamatan pule  dapat dilihat dari beberapa indikator kinerja  yaitu :

1.      Meningkatnya pelayanan administrasi perkantoran;

2.      Meningkatnya sarana dan prasarana aparatur;

3.      Meningkatnya kapasitas sumber daya aparatur; dan

4.      Meningkatnya Sistim Pengawasan Internal dan pengendalian.

 

 

 

 

 

 

2.4.       TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN PELAYANAN PERANGKAT DAERAH

 

Secara umum, pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek  dalam  lima  tahun  terakhir  menunjukan  intensitas  pelaksanaan  tugas  yang semakin meningkat. Hal ini selain menjadi nilai tambah tersendiri bagi SKPD Kecamatan Pule namun jika tidak terkelola dengan baik akan menyebabkan semakin bertambahnya beban kerja SDM yang ada. Selain hal tersebut, tantangan lain yang masih dihadapi Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya adalah sebagai berikut :

1)       Terbatasnya jumlah maupun kemampuan SDM yang dimiliki Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek baik dikarenakan promosi ke SKPD lain dan belum maksimalnya pengkaderan SDM di unit Kecamatan Pule;

2)       Adanya berbagai Regulasi Peraturan Perundangan yang berkaitan dengan pelaksanaan tupoksi Kecamatan;

3)       Semakin meningkatnya penegakan hukum disegala bidang pembangunan;

4)       Perkembangan teknologi dan informasi yang dapat meningkatkan kinerja aparatur;

5)       Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan pada masyarakat  yang transparan, partispatif dan akuntabel;

Adapun beberapa permasalahandalam pelaksanaan program dan kegiatan kecamatan Pule sebagai berikut:

1        Belum optimalnya implementasi Keputusan Bupati No. 137/2001 tentang pelimpahan sebagian wewenang pemerintah dari bupati kepada Camat.

2        Belum dipahaminya secara utuh tentang outcome yang ingindicapai dari setiap kegiatan, sehingga masih adanya kesulitanmerealisasikan sasaran program menjadi outcome kegiatanyang menunjang efektivitas program/kegiatan;

3        Perlunya peningkatan komitmen dan pemahaman untukmempedomani indikasi kegiatan dalam RPJMD, Renstramaupundalam RKPD dalam merencanakan kegiatan.

Dalam rangka mewujudkan tercapainya tujuan dan sasaran yangtelah ditetapkan, maka strategi dan kebijakan yang akan ditempuh Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek adalah sebagai berikut :

1.  Strategi Mendorong berkembangnya tanggung jawab aparatur atas tugas– tugasnya  dalam pelaksanaan tugas dilaksanakan dengan arah kebijakan :

a.     Pengembangan sumber daya manusia melalui peningkatan kapabilitas, kompensasi (reward and punishing), dan kesejahteraan pegawai.

b.    Peningkatan kemampuan teknis aparat pelayanan.

c.     Peningkatan kemampuan aparatur dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sehingga dapat menyelenggarakan urusan pemerintahan dengan optimal.

d.    Memberikan dukungan sarana dan prasarana bagi aparat pemerintah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan sehingga tercapai effektivitas dan effisiensi.

2.       Strategi Mendorong masyarakat untuk mengetahui, memahami dan menjelaskan Pelayanan Prima sesuai peraturan perundang– undangan  yang berlaku kepastian hukumnya dilaksanakan dengan arah kebijakan :

a.     Membangun bersama masyarakat melalui penyusunan program pembangunan yang transparan, akuntabel dan demokratis, efektif dan efisien.

b.    Pemantapan partisipasi masyarakat

c.     Mewujudkan program pembangunan yang sesuai dengan aspirasi masyarakat

3.       Strategi Pemberdayaan seluruh potensi yang ada pada Kecamatan Pule dalam rangka mewujudkan good governace dilaksanakan dengan arah kebijakan :

a.     Meningkatkan kualitas rencana pembangunan di bidang Ekonomi, Sosial budaya dan Sarana Prasarana Wilayah

4.         Strategi Membangun koordinasi yang efektif dan semangat kebersamaan dalam kepentingan yang berbeda untuk memperoleh pilihan terbaik bagi kepentingan yang lebih luas dalam hal kebijakan – kebijakan dan prosedur dilaksanakan dengan arah kebijakan :

a.     Melaksanakan koordinasi melalui mekanisme yang ada dalam rangka menyusun program pembangunan sesuai dengan kebijakan publik, dan melaksanakan penelitian inovatif dalam rangka mendorong terwujudnya visi dan misi Kabupaten Trenggalek di  kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek

b.    Melaksanakan pembangunan yang terintegrasi satu daerah dengan yang lainnya dan antar sector pembangunan.

  1. Strategi  melakukan  inovasi – inovasi dan terobosan – terobosan dalam melayani masyarakat.

Disamping   tantangan   tersebut   diatas,   masih   terdapat   peluang   yang diharapkan mampu mendukung pelaksanaan tugas Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Adapun beberapa peluang dimaksud adalah sebagai berikut :

1)       Kesempatan dan peluang kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri;

2)       Adanya sarana prasarana yang memadai dan komitmen Kepala Daerah dalam mendukung meningkatkan pelaksanaan tupoksi Kecamatan;

3)       Ditetapkannya regulasi terkait Aparatur Sipil Daerah dan regulasi yang mengatur kinerja pegawai  diharapkan  mampu  meningkatkan  dan  memaksimalkan  tupoksi  Kecamatan;

4)       Mulai dilaksanakannya audit kinerja instansi pemerintah daerah dan penilaian organisasi pemerintah berdasarkan kinerja;

5)       Pesatnya perkembangan teknologi informasi di Indonesia.

 

 

 

TOP