KEADAAN GEOGRAFIS

Geografis Kec. Pule    

Kecamatan Pule merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Tepatnya berada di sebelah Barat Kabupaten Trenggalek. Secara geografis terletak diantara 111° 24’-112° 11’ BT dan 7° 33’-8° 34’ LS. Kecamatan Pule berada di ketinggian 700 m dari permukaan laut. Batas-batas daerahnya, meliputi :

Utara : Kabupaten Ponorogo

Timur : Kecamatan Dongko, Kecamatan Suruh

Selatan : Kecamatan Panggul

Barat : Kabupaten Ponorogo

Kecamatan Pule meliputi 10 desa, yaitu Sidomulyo, Puyung, Joho, Kembangan, Pakel, Pule, Jombok, Tanggaran, Karanganyar dan Sukokidul. Berdasarkan topografinya, desa yang berada di Kecamatan Pule merupakan perbukitan. Kecamatan Pule memiliki luas 11.812 Ha. Terdiri dari 730 Ha tanah sawah, 9702 Ha lahan kering, dan 1.380 Ha lahan lainnya.

Berdasarkan jenis tanahnya bagian utara merupakan regosol dan mediteran. Sebelah timur merupakan gramosol, sebelah selatan merupakan mediteran, dan sebelah barat merupakan regosol dan gromosol.

Iklim yang dimiliki Kecamatan Pule adalah tropis, sehingga meliputi musim kemarau dan musim penghujan. Namun, saat ini Musim penghujan tidak dapat diprediksi. Berdasarkan data yang diperoleh pada tahun 2014 periode bulan Januari-Desember menunjukkan terjadinya ketidak stabilan dari rata-rata curah hujan.

Pada bulan Pebruari hari hujan mencapai nilai tertinggi, yaitu 18. Sedangkan curah tertinggi hujan pada bulan Januari 527 dan hujan maksimum di bulan Desember dengan nilai 75 serta rata-rata curah hujan mencapai nilai tertinggi pada bulan Desember yaitu 35.

Karena Kecamatan Pule adalah daerah berbukitan, maka desa yang berada didataran tertinggi adalah desa Sidomulyo, yaitu mencapai 825 m dari permukaan laut. Sedangkan dataran terendah adalah desa Sukokidul yang ketinggiannya 450 m dari permukaan laut. Untuk kedalaman sumber air tanah (sumur) terdalam berada di desa Kembangan, yaitu 18 m.

 

 

TOP